Friday, July 30, 2010

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN MANFAATNYA

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program - program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan. Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu : 1. Sharing resources Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai. 2. Media Komunikasi Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. 3. Integrasi Data Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat. 4. Pengembangan dan Pemeliharaan Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat. 5. Keamanan Data Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif. 6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

http://prima.kurniawan.students-blog.undip.ac.id/2009/07/13/pengertian-jaringan-komputer-dan-manfaatnya/



Teknisi & Jaringan Komputer

TEKNISI KOMPUTER DASAR

Deskripsi

Komputer merupakan infrastruktur paling mendasar dari teknologi informasi yang dapat digunakan untuk menunjang sistem kerja organisasi. Dalam penggunaannya biasa terjadi kerusakan, sehingga diperlukan pengelolaan dan perawatan secara kontinu.
Program ini mempelajari secara teknis PC hardware, Operating System dan Trouble Shooting.
Target pelatihan peserta menguasai perakitan komputer, dapat mengatasi kerusakan komputer secara fisik maupun pada sistem dan penyelamatan data dengan baik secara mandiri.

Materi:

- Pengenalan Komponen & Fungsi
- Disk Operating System
- Instalasi Windows & Program Aplikasi
- Utilities & Software Trouble Shooting
- Hardware Trouble Shooting
- Back up & Data Recovery

TEKNISI KOMPUTER LANJUT

Deskripsi

Program ini kelanjutan dari level sebelumnya, mempelajari secara teknis monitor non LCD dan komputer laptop pada komponen, fungsi serta Trouble Shootingnya.
Target pelatihan adalah melengkapi kemampuan keteknisian komputer peserta dengan menguasai dasar-dasar elektronika pada monitor, spesifikasi dan komponen laptop, dapat mendeteksi serta mengatasi kerusakan monitor dan laptop dengan baik secara mandiri.

Materi:

1. Monitor

- Pengenalan komponen & fungsi
- Elektronika dasar
- Blok diagram monitor
- Trouble shooting

2. Laptop

- Spesifikasi Laptop
- Analisa Kerusakan
- Penggantian Komponen
- Instalasi Driver, Sistem Operasi & WiFi

JARINGAN KOMPUTER BERBASIS WINDOWS
(Jaringan Komputer Dasar)

Deskripsi

Jaringan komputer (computer networking) merupakan istilah yang digunakan untuk hubungan antara dua komputer atau lebih, baik hubungan secara fisik maupun secara logika. Infrastruktur ini sangat diperlukan karena beberapa aplikasi e-Government atau e-Commerce baru dapat berfungsi secara optimal setelah infrastruktur tersebut tersedia.
Program ini mempelajari secara teknis dasar-dasar jaringan komputer, instalasi jaringan kabel dan pengelolaan jaringan dengan berbasis Sistem Operasi Windows.
Target pelatihan peserta menguasai dasar-dasar jaringan, mampu membangun dan mengelola sistem jaringan kabel berbasis Windows dengan baik untuk keperluan intranet dan internet.

Materi:

1. Jaringan Peer To Peer Windows XP

- Apresiasi Jaringan
- Pengkabelan & Peralatan Jaringan
- Konsep Protocol TCP/IP
- Seting dan Uji Koneksi Jaringan
- Aplikasi Jaringan
- Sharing Device
- Koneksi Internet Dial-Up
- Routing Internet

2. Jaringan Client Server Windows 2003

- Instalasi Windows 2003 Server
- Administrasi User
- Hak Akses
- DHCP Server
- Web Server & FTP Server
- Routing Broadband Internet
- DNS Forwarding
- Mail Server dengan Mdaemon

WIRELESS LOCAL AREA NETWORK (WLAN)
(Jaringan Komputer Menengah)

Deskripsi

Inovasi teknologi komunikasi berkembang pesat, selaras dengan perkembangan pada masyarakat modern yang memiliki tuntutan mobilitas dan efisiensi. Teknologi wireless sangat sesuai karena memiliki fleksibelitas, mobilitas, efisien dalam waktu instalasi dan biaya pemeliharaan, meminimalkan kabel dan penambahan user dapat dilakukan dengan mudah.
Program ini kelanjutan dari level sebelumnya, mempelajari secara teknis sistem jaringan komputer menggunakan media transmisi radio berbasis sistem operasi Windows.
Target pelatihan peserta mampu mengembangakan sistem jaringan dengan membangun jaringan Wireless, Hotspot, memanfaatkan service pada Wireless, sekuritas, koneksi dengan jaringan kabel dan setting internet mobile dengan baik secara mandiri.

Materi:

- Apresiasi dan infrastruktur WLAN
- Instalasi dan Setting Access Point
- Instalasi dan Setting WLAN Client
- Instalasi dan Setting Internet Hotspot
- Akses Internet Hotspot
- Security Jaringan Wireless
- Setting Wireless Broadband Router
- Setting Access Point Repeater
- Setting Access Point Bridge
- Instalasi dan Setting Internet Mobile

JARINGAN KOMPUTER BERBASIS LINUX
(Jaringan Komputer Lanjut)

Deskripsi

Pengembangan akhir dari sistem administrasi jaringan adalah pembuatan server dengan menyediakan berbagai fasilitas layanan yang dapat menunjang kebutuhan kerja organisasi. Linux merupakan pilihan yang paling populer sebagai sistem server karena memiliki kinerja yang optimal, stabil, tingkat keamanan yang tinggi dan merupakan perangkat lunak bebas.
Program ini mempelajari teknis pembuatan sistem server berbasis Linux dengan distro Redhat atau Fedora untuk tujuan intranet maupun internet. Program ini terdiri dari dua level yaitu Fundamental dan Advance.
Target pelatihan peserta dapat membangun sistem server berbasis Linux yang menyediakan berbagai layanan jaringan, mengontrol akses jaringan dan mengelola sumber daya di dalamnya, dengan klien Windows dan sistem operasi lain, dengan baik secara mandiri.

Jaringan Komputer Berbasis Linux - Fundamental

Mempelajari secara teknis instalasi Linux, perintah dasar Linux dan membangun layanan dasar pada jaringan.

Materi:

- Apresiasi dan Instalasi Linux
- Perintah Dasar dan Administrasi User
- Seting Jaringan
- Remote sistem dengan SSH
- Hak akses
- Network File System (NFS)
- Samba Server
- Koneksi Internet Broadband
- Router Internet
- DHCP Server

Jaringan Komputer Berbasis Linux - Advance

Mempelajari secara teknis pengembangan fasilitas layanan pada sistem server Linux untuk keperluan Intranet dan Internet.

Materi:

- Koneksi Internet Broadband
- Internet Share / Routing
- Proxy Server
- Firewall
- Bandwidth Monitoring
- DNS Server
- Web Server
- Mail Server

MIKROTIK I (Router)

MikroTik RouterOS merupakan solusi murah untuk router yang handal, tangguh serta lengkap dengan filtur-filtur selayaknya router yang sangat membantu bagi ISP, kantor hingga perusahaan-perusahaan kecil yang ingin bergabung dengan Internet. MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi berbasis Linux yang digunakan untuk menjadikan PC berbasis Intel atau AMD (komputer rumahan) mampu melakukan beberapa fungsi di dalamnya yaitu router, bridge, firewall, pengaturan bandwidth, wireless Access Point atau Client dan fungsi networking serta beberapa fungsi server, sehingga cocok untuk routing jaringan atau internet di perkantoran bahkan juga digunakan oleh ISP dan provider hostspot.
Pelatihan Mikrotik pada level ini mempelajari pembuatan router yaitu perangkat jaringan yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda menggunakan Mikrotik.
Target pelatihan adalah peserta menguasai instalasi dan setting router menggunakan Mikrotik software dan hardware.

Materi:

- Pengantar
- Seting IP address
- Router Internet
- DHCP
- Proxy Server
- Quality of Service (QoS)
- Firewall
- Monitoring Traffic
- Bridge
- Static router
- Backup and restore setting



MIKROTIK II (Wireless)

Program ini merupakan kelanjutan dari Mikrotik I, secara khusus mempelajari mikrotik dari sisi wireless yang memilki berbagai fitur yang sangat lengkap, fleksibel, jangkauan frekuensi gelombang radio yang luas dan mudah dilakukan pengaturan atau pengubahan frekuensi gelombang radio untuk wireless LAN.
Pelatihan Mikrotik pada level ini mempelajari seting dasar wireles hingga menghubungkan sebuah jaringan dengan jaringan lain (Bridge).
Target pelatihan pada level ini peserta menguasai seting wireless mikrotik seperti yang dilakukan oleh ISP atau kantor-kantor yang memiliki beberapa jaringan berbeda yang terhubung.

Materi :

- Router Internet
- Instalasi dan Seting AP Station
- Seting Wireless Client
- Instalasi dan Seting Hotspot User
- Akses Internet hotspot
- Security Jaringan Wireless
- Seting AP Client
- Seting AP Bridge


http://www.pelatihanweb.yesjogja.com/produk/program-dan-materi/teknisi-jaringan-
komputer/



Topologi


Topologi jaringan ada beberapa bentuk sebagai berikut:

1. Topologi Bus

Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.
gambar topologi bus
Topologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.



2. Topologi Cincin

Topologi cincin atay yang sering disebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.
gambar topologi cincin
Adapun kelebihan dari topologi ini adalah kabel yang digunakan bisa lebih dihemat. Tetapi kekurangan dari topologi ini adalah pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung.




3. Topologi Token Ring

Topologi ini hampir sama dengan topologi ring akan tetapi pembuatannya lebih di sempurnakan. Bisa di lihat dari perbedaan gambar.
gambar topologi token ring
Didalam gambar jelas terlihat bagaimana pada token ring kable penghubung di buat menjadi lingkaran terlebih dahulu dan nantinya akan di buatkan terminal-terminal untuk masing-masing komputer dan perangkat lain.






4. Topologi Bintang

Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll.
gambar topologi star
Pada gambar jelas terlihat satu hub berfungsi sebagai pusat penghubung komputer-komputer yang saling berhubungan. Keuntungan dari topologi ini sangat banyak sekali diantaranya memudahkan admin dalam mengelola jaringan, memudahkan dalam penambahan komputer atau terminal, kemudahan mendeteksi kerusakan dan kesalahan pada jaringan. Tetapi dengan banyak nya kelebihan bukan dengan artian topologi ini tanpa kekurangan. Kekurangannya diantaranya pemborosan terhadap kabel, kontol yang terpusat pada hub terkadang jadi permasalahan kritis kalau seandainya terjadi kerusakan pada hub maka semua jaringan tidak akan bisa di gunakan.

Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.




Kelebihan

* Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
* Tingkat keamanan termasuk tinggi.
* Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
* Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.

Kekurangan

* Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Topologi_bintang

5. Topologi Pohon

Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.
gambar topologi pohon
Pada gambar bisa kita lihat hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas.sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktiv sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.




Sumber : http://lindakomputer.blogspot.com/

3 comments:

  1. koq topologi wireless gx adha ???

    ReplyDelete
  2. apa sich hubunganya hotspot dengan internet???

    ReplyDelete